Kamis, 20 Desember 2012

BANGKAI KAPAL SELAM PD II UNI SOVIET DITEMUKAN DI LAUT BALTIK

Sebuah meriam dari kapal selam Rusia terlihat di dasar Laut Baltik, dekat pulau Oland, dalam foto handout yang diterima Senin (17/12). 
Jihad-Defenc-Indonesia - Rusia : Bangkai kapal selam milik Uni Soviet saat Perang Dunia II yang dianggap hilang, telah ditemukan di Laut Baltik, 71 tahun setelah kapal ini tenggelam. 

Hal itu dikatakan oleh militer Swedia pada Senin waktu setempat kepada Reuters. 

Militer Swedia mengatakan bahwa kapal selam yang dipercaya telah hilang saat berpatroli pada akhir 1941, ditemukan di zona ekonomi Swedia di salah satu pulau di area Baltik, pulau Oland. 

Pada masa PD II, pasukan Jerman berada di pulau itu untuk memasang ranjau. "Ada indikasi kuat mengapa kapal tersebut mengarah ke area ranjau saat berada di permukaan lalu meledak oleh satu ranjau," ujar seorang perwira militer dalam pernyataannya. 

Pada laman Internetnya, pihak militer menampilkan video dan gambar dari bangkai kapal yang pecah menjadi dua bagian besar. Pecahan bangkai pertama dilaporkan oleh beberapa penyelam sipil saat musim panas di pertengahan tahun ini. Pihak Swedia kemudian melakukan konfirmasi penemuan bangkai kapal selam Uni Soviet dan mengabadikannya lewat foto, dengan menggunakan kapal selam HMS Belos milik Swedia pada bulan berikutnya.

Pihak otoritas Swedia lalu memberikan informasi ini kepada Rusia supaya memberi tahu pihak keluarga korban, sehingga mereka dan masyarakat Rusia bisa melakukan upacara pemakaman pada situs tersebut. 

Beberapa kapal selam Uni Soviet yang tenggelam saat PD II, ditemukan di laut Swedia selama bertahun-tahun, sebagaimana dinyatakan pada laman tersebut.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar