Jumat, 21 Desember 2012

DISLITBANGAU UJI COBA SEAL NOSE/MAIN LANDING GEAR DAN ALKALINE WATER BASE


Dislitbangau Uji Coba Seal Nose/Main Landing Gear Dan Alkaline Water Base

Jihad-Defence-Indonesia - LANUD HUSEIN SASTRANEGARA : Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Udara (Dislitbangau) melakukan Uji Coba Seal Nose/Main Landing Gear (L/G) untuk pesawat dan Alkaline Water Base, di Satuan Pemeliharaan (Sathar) 11 dan Sathar 13 Depohar 10, Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Selasa (18/12).
Dipimpin oleh Kolonel Tek Yusuf Solihin selaku Kepala Pelaksana Kegiatan beserta Staf melaksanakan Uji Coba Alkaline Water Base produksi Dislitbangau pada pesawat CN-235. Menurut paparan Mayor Sus FX. Damanik, S.Si., M.P., pencucian merupakan kegiatan preventif dan pengontrolan terhadap laju korosi juga kerusakan premature dari komponen pesawat karena unsur lain atau deposit kotoran.
Tujuan akhir dari pencucian pesawat sendiri adalah untuk memperpanjang usia dari rentang kerusakan eksterior pesawat dan kebersihan penampilan.
Selama ini, cairan pencuci tersebut masih diimpor dari USA dan sudah tentu harganya pun mahal. “Bila dibandingkan produk USA dan Dislitbangau adalah 1:100, artinya beli satu produk USA dapat dihasilkan 100 produk Dislitbangau”, papar Mayor Damanik.
Sementara Mayor Tek Benny Abdillah, ST., memaparkan tentang produk lain Dislitbangau yaitu Seal Nose dan Main Landing Gear untuk pesawat Hawk 100/200, KT-1B, SA-330, dan C-130.
Menurut keterangan Mayor Tek Benny, suku cadang tersebut sudah tidak diproduksi oleh Pabrikan asalnya, kalaupun ada sangat terbatas. Oleh karena itu, Dislitbangau sesuai tugas dan fungsinya antara lain dalan hal rekayasa materiil berinisiatif untuk membuat komponen itu bagi keempat pesawat tersebut.
Hasil pengujian untuk Alkaline Water Base dinilai sudah memenuhi standar parameter uji menurut Inspektor dari Sathar 11. Cairan pencuci pesawat buatan Dislitbangau sifatnya tidak korosif, ramah lingkungan, serta aman terhadap kulit.
Sementara untuk Seal Nose dan Main Landing Gear pelaksanaan uji statik dan dinamis di Sathar 13, dan dari segi komposisi equivalen dengan aslinya serta memenuhi standar pengujian.
Pelaksanaan Uji Coba tersebut disaksikan pula oleh perwakilan Pejabat dari Koharmatau, Srenaau, Disaeroau, Dismatau, Dislambangjaau, serta Depohar 10.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar