Rabu, 26 Desember 2012

JELANG SERTIJAB KSAL, DUA PEJABAT GELAR INSPEKSI LAUT

kasal-subJihad-Defence-Indonesia - Surabaya : Sehari menjelang Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dari Laksamana TNI Soeparno kepada Laksamana Madya TNI Dr. Marsetio, M.M., kedua pejabat tersebut menggelar Admiral Inspection (inspeksi laut) di sekitar perairan Koarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu (26/12).

Hal ini dilakukan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI AL untuk yang terakhir kalinya bagi pejabat lama dan yang pertama kalinya bagi pejabat baru, sebelum tongkat estafet kepemimpinan TNI AL diserahterimakan pada hari Kamis, 27 Desember 2012.

Admiral Inspection merupakan kegiatan tradisi di lingkungan TNI AL yang biasa dilakukan menjelang pergantian jabatan Kasal maupun pada saat pergantian Panglima Komando Armada RI Kawasan. Kegiatan tersebut, selain sebagai ajang salam perpisahan dengan para prajuritnya yang berdinas di kapal-kapal perang, juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan pemimpin baru TNI AL.

Dalam Admiral Inspection tersebut, Kasal Laksamana TNI Soeparno bersama penggantinya Laksamana Madya TNI Dr. Marsetio, M.M., didampingi para Pangkotama TNI AL dengan menaiki Kapal Angkatan Laut (KAL) Yudhistira yang di komandani oleh Lettu Laut (P) Sukarno Efendi serta dikawal dua unit kendaraan tempur air “Sea Rider” dari Satuan Komando Pasukan Katak Koarmatim, berlayar diawali dari Dermaga Alfa Koarmatim menuju ke arah Selatan dan Selat Madura untuk menginspeksi kapal perang dari berbagai jenis yang tengah sandar di Dermaga Koarmatim.

Pada saat KAL Yudhistira yang ditumpangi Kepala Staf Angkatan Laut dan penggantinya melewati setiap kapal perang, terdengar bunyi pluit diiringi dengan penghormatan para prajurit yang tengah berbaris rapih di belakang reling kapal sambil serentak meneriakkan “Jalesveva Jayamahe”, secara berulang-ulang.

Gelar unsur yang turut dalam Admiral Inspection ini melibatkan sekitar 2.500 orang prajurit awak kapal perang dari berbagai tipe dan jenis yang tengah berada di Pangkalan Koarmatim, seperti kapal-kapal jenis Satuan Kapal Cepat, Satuan Kapal Amfibi, Satuan Kapal Patroli, Satuan Kapal Bantu, Satuan Kapal Selam, dan Satuan Kapal Eskorta. Kegiatan Admiral Inspection diakhiri dengan merapatnya KAL Yudhistira di lambung KRI Oswald Siahaan-354 untuk on board para pejabat tersebut dalam rangka melaksanakan broadcast di anjungan melalui radio telekomunikasi guna menyampaikan instruksi dan amanat yang dipancar luaskan ke seluruh kapal perang TNI Angkatan Laut yang tengah beroperasi di segenap penjuru perairan NKRI maupun internasional.

Kegiatan Admiral Inspection juga merupakan salah satu dari rangkaian acara menjelang sertijab Kasal yang akan digelar pada tanggal 27 Desember 2012 dengan inspektur upacara Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. Beberapa acara dari rangkaian kegiatan tersebut adalah exit briefing kepada seluruh jajaran Perwira TNI AL di wilayah Barat dan Timur, Admiral Inspection (inspeksi kesapan unsur-unsur laut), tradisi pelepasan Kasal oleh keluarga besar Korps Marinir, serta entry briefing Kasal baru di jajaran TNI AL di wilayah Timur dan Barat.

(dispenal/syamsir)


Teks Gbr- Kasal Laksamana TNI Soeparno (tengah) didampingi Laksamana Madya TNI Dr. Marsetio, M.M. (kedua dari kanan) on board di KRI Oswald Siahaan-354 saat memberikan amanat dan instruksi terakhirnya yang dipancarkanluaskan ke seluruh unsur-unsur TNI AL usai melaksanakan inspeksi kapal-kapal perang (admiral inspection) di Selat Madura, Koarmatim Ujung, Surabaya. (dispenal)
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar