Sabtu, 22 Desember 2012

PM JEPANG-SHINZO ABE: SIAP PINDAHKAN PANGKALAN AS

Peta Pulau Okinawa, Jepang
Jihad-Defence-Indonesia - OKINAWA : Perdana Menteri terpilih Jepang Shinzo Abe siap memindahkan pangkalan militer AS di Futenma ke wilayah yang lebih sedikit penduduknya di Prefektorat Okinawa. Informasi ini berasal dari warta Kyodo pada Jumat (21/12/2012). "Saya akan mencari dukungan komunitas lokal,"katanya saat berbicara kepada media di Prefektorat Yamaguchi.

Futenma memang masih masuk wilayah Okinawa. Kelak, pangkalan AS itu akan dipindahkan di kawasan Henoko di Kota Nago, masih di Okinawa. "Di situ, jumlah penduduknya masih sedikit,"imbuh Abe.

Sebetulnya, pemindahan itu sudah direncanakan saat Partai Demokrat Liberal (LDP) berkuasa. Tapi, rencana itu terhenti pada 2009 lantaran Partai Demokrat Jepang (DPJ) berkuasa.

Ternyata, DPJ terbelenggu oleh isu pangkalan tersebut dan gagal menuntaskannya. Gara-gara isu itu pula Perdana Menteri Yukio Hatoyama dari DPJ lengser. Hatoyama tak mampu mewujudkan pemindahan itu.

Sejatinya, isu pangkalan AS memunculkan silang sengketa antara warga lokal versus pemerintah Jepang. Warga Okinawa sudah lama ingin agar pangkalan AS hengkang dari Okinawa.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar