Jumat, 22 Maret 2013

TAK ADA POTENSI IMPLIKASI KONFLIK SULU ATAS INDONESIA


Foto : Polisi Malaysia di Sabah (AP)
Foto : Polisi Malaysia di Sabah (AP)



Jihad-Defence-Indonesia - JAKARTA :
 Konflik Kesultanan Sulu yang masih terus terjadi di Sabah, Malaysia, menyisakan kekhawatiran adanya masalah di Perbatasan Sabah dengan Indonesia. Tetapi pihak Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (RI) memastikan tidak ada potensi implikasi konflik Sulu terhadap wilayah perbatasan Indonesia.

"Mengenai potensi implikasi terhadap masalah provinsi-provinsi yang berbatasan dengan wilayah Sabah, sejauh kita tidak melihat adanya pergerakan orang sangat signifikan yang menyebabkan masalah di perbatasan kita," tutur juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Michael Tene, di Kantor Kementeri Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Sementara mengenai nasib warga negara Indonesia (WNI) yang berada di sekitar ataupun di dalam wilayah Sabah, Tene menambahkan bahwa WNI yang berada di dekat wilayah insiden saat ini sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

"Sejak awal tidak pernah ada informasi warga kita terkena dampak insiden-insiden yang terjadi di Sabah. Kantor Konsulat RI di Tawau, selalu memonitor perkembangan dan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan," lanjut Tene.

Selain WNI yang sudah dipindahkan dari wilayah Sabah, tidak ada lagi WNI yang terpengaruh oleh konflik yang terjadi antara Pemerintah Malaysia dengan pengikut Kesultanan Sulu. 

Tene menambahkan hingga awal bulan ini, ada sekira 193 WNI yang dipindahkan dari Sabah ke tempat yang lebih aman.


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar