Selasa, 26 Maret 2013

LATIHAN ANTI-TEROR, SABOTASE OBJEK VITAL DAN COMBAT SWIMER




Jihad-Defence-Indonesia - Surabaya : Komando Pasukan Katak (Kopaska) adalah pasukan elite yang dimiliki TNI-AL yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang tempur dan sabotase bawah air. 

Pasukan khusus TNI-AL ini terdiri dari dua satuan, satu berada di Komando Armada Timur, Ujung, Surabaya dan satu lagi berada di bawah Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yang bermarkas di Pondok Dayung Jakarta Utara.

Dalam rangkaian latihan K3 Kopaska hari ini Selasa (26/03) menggelar latihan Sabutase Objek Vital dan Combat Swimer di wilayah Jembatan Suramadu Surabaya. Latihan dipimpin langsung oleh Perwira Staf Operasi (Pasops) Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim Letkol Laut (P) Srigunanto.

Latihan K3 ini melibatkan 152 personel yang terdiri dari enam Tim Kopaska dan pendukung. Selain itu juga melibatkan personel Badan Pengelola Wilayah Surabaya (BPWS) jembatan Suramadu, Kepolisian dan Jasa marga Surabaya.

Adapun peralatan dan senjata yang digunakan dalam latihan ini berupa dua unit kendaraan tempur air cepat atau Sea Rider dan Combat Boat serta empat unit Perahu Karet. Jenis senjata yang dipakai antara lain senapan serbu MP-5, M-4, Sniper AW, APS, dan pistol Sig Sauer.

Latihan tempur K3 pada tahap Full Tactical Exercise (FTX) juga menggunakan Bahan Peledak (Handak) jenis TNT dan Power Gel untuk latihan peledakan atau demolisi. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur prajurit Kopaska Koarmatim serta menjalin koordinasi dengan instansi terkait dalam melaksanakan tugas Pengamanan Obyek Vital Nasional yang berada di wilayah Jawa Timur.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar