Jumat, 22 Maret 2013

TEMUI MENTERI LUAR NEGERI RI, MENTERI LUAR NEGERI FILIPINA BAHAS KONFLIK SABAH


Foto : Menlu Filipina Albert del Rosario (IST)
Foto : Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario (IST)  


Jihad-Defence-Indonesia - JAKARTA : Konflik Kesultanan Sulu yang melibatkan Pemerintah Malaysia dengan segelintar pihak di wilayah Filipina, telah menyebabkan sekira 70 orang tewas. Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa, dikabarkan akan melakukan pertemuan dengan Menlu Filipina.

Pertemuan antara kedua Menteri Luar Negeri negara ASEAN tersebut diperkirakan akan membahas mengenai perkembangan konflik yang tengah terjadi di Sabah. Tetapi pihak Kemlu RI belum bersedia menjelaskan bahasan sebenarnya yang akan diutarakan dalam pertemuan tersebut.

"Memang ada rencana kunjungan Menteri Luar Negeri Filipina, namun saya tidak bisa menyampaikan apa yang akan dibahas. Saling kunjung, saling konsultasi antara menteri ASEAN adalah lumrah," tutur juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Michael Tene, di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (22/3/2013).

"Proses konsultasi ini adalah hal yang wajar yang sudah lazim dilakukan di antara menteri-menteri di kawasan ini. Tetapi spesifficaly apa yang akan dibahas, saya belum bisa sampaikan untuk saat ini," jelasnya.

Sebelumnya Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro pada Rabu 20 Maret lalu menyebutkan, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Filipina hari ini. Namun belum ada kejelasan mengenai pertemuan tersebut.

Konflik yang terjadi di Sabah melibatkan pengikut Kesultanan Sulu dari wilayah Selatan Filipina yang menduduki wilayah Sabah, Malaysia 9 Februari lalu. Pada 1 Maret lalu, pasukan Malaysia melakukan Operasi Daulat untuk memberantas para pengikut Kesultanan Sulu tersebut.

Operasi Daulat yang dilakukan oleh Malaysia, berujung pada tewasnya 63 pengikut Kesultanan Sulu dan 10 orang pihak keamanan Malaysia. 


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar