Rabu, 27 Maret 2013

LATIHAN PASSEX KRI DIPONEGORO-365 DENGAN HMS NORTHUMBERLAND-F 238



Jihad-Defence-Indonesia - Oman : Selepas dari Dermaga Salalah Oman, KRI Diponegoro-365 dengan Komandan Letkol Laut (P) Hersan, S.H. langsung mengadakan latihan PASSEX (Passing Exercise) dengan HMS Northumberland –F 238 Royal Navy di Laut Arab,kemarin  Selasa(26/3).


Latihan PASSEX merupakan serangkaian kegiatan latihan yang sering dilaksanakan oleh Kapal-kapal Perang diseluruh Dunia yang sifatnya latihan bersama atau gabungan .

HMS Northumberland-F238 adalah kapal perang Inggris jenis Frigate yang di komandani oleh Commander Paddy Dowsett. Kapal perang tersebut merupakan salah satu unsur CTF – 151 yang tergabung dalam Gugus Tugas Angkatan Laut Internasional,  sebagai respon atas berbagai tindakan pembajakan atas pelayaran kapal-kapal di sepanjang garis pantai Somalia dan sekitar perairan Teluk Aden.

”Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, sambil menyelam minum air, Sambil berangkat menuju daerah operasi ke Lebanon,  kita laksanakan latihan bersama dengan kapal perang Negara Inggris”, jelas Komandan KRI Diponegoro-365 kepada seluruh perwira.


Lebih lanjut dikatakan oleh perwira lulusan Akademi TNI-AL tahun 1994 tersebut, bahwasanya seluruh personel KRI Diponegoro-365 yang berjumlah 100 orang tersebut selalu siap melaksanakan latihan bersama dengan kapal-kapal perang Negara asing termasuk dengan HMS Northumberland - F 238.

Materi latihan yang telah dilaksanakan yakni Comms Check, Flashing Exercise (Flashex), Tactical Manouvering (manuvra  taktis), RAS Approach (RASAP) danRAT TRAP (Prosedur komunikasi penanggulangan pembajakan di laut), pelaksanaan latihan PASSEX berjalan aman dan lancar.

Akhir dari Latihan Passex yang telah dilaksanakan selama tiga jam tersebut Komandan KRI Diponegoro-365 yang sekaligus Komandan Satuan Tugas Maritim TNI Konga XXVIII-E Unifil 2013 melalui komunikasi Radio menyampaikan ucapan Terimakasih atas kerja sama dan pelaksanaan latihan kepada Komandan HMS Northumberland, selanjutnya mengucapkan “ Selamat bertugas dan Bon Vayage for all crew”.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar