Jumat, 22 Maret 2013

KEMERDEKAAN SKOTLANDIA DITENTUKAN TAHUN DEPAN


Alex Salmond (Foto: AP)
Alex Salmond (Foto: AP) 


Jihad-Defence-Indonesia - GLASGOW : Skotlandia dijadwalkan akan menggelar referendum kemerdekaan pada 18 September tahun depan. Dalam referendum itu, warga Skotlandia akan memilih untuk tetap menjadi bagian Inggris atau memerdekakan diri.

“Referendum itu akan menjadi peristiwa bersejarah di mana warga Skotlandia dapat menentukan masa depan mereka sendiri,” ujar Menteri Utama Skotlandia Alex Salmond, seperti dikutip AAP, Jumat (22/3/2013).

Menteri utama adalah jabatan untuk pemimpin pemerintah lokal di Skotlandia. Walaupun kini berada dalam kekuasaan Inggris, Skotlandia memiliki hak otonomi untuk menyelenggarakan pemerintahan lokalnya sendiri.

Salmond sendiri berasal dari Partai Nasional Skotlandia (SNP) yang menginginkan Skotlandia meraih kemerdekaan.

“Jika warga Skotlandia memilih untuk merdeka, maka masa depan Skotlandia akan sepenuhnya ada di tangan kita,” tukas Salmond.

Namun tidak semua warga di Skotlandia setuju dengan pendapat Salmond. Ada juga beberapa pihak di Skotlandia yang tetap ingin bergabung dengan Inggris, termasuk mantan Menteri Keuangan Inggris, Alistair Darling.

“Salmond memutuskan untuk menggelar refrendum tahun depan, karena ia tahu jika referendum digelar sekarang ia akan kalah,” tegas Darling.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar