Rabu, 27 Maret 2013

JEPANG KERAHKAN PESAWAT PATROLI P-1 ANTI-KAPAL SELAM



Foto : Pesawat P-1 milik Jepang (picturearchive)
Foto : Pesawat P-1 milik Jepang (picturearchive) 

Jihad-Defence-Indonesia - TOKYO : Angkatan Laut Pasukan Bela Diri Jepang telah menerima pesawat patroli anti-kapal selam P1. Pesawat itu akan dikerahkan di Pangkalan Udara Atsugi yang terletak di Prefektur Kanagawa pada Maret.

Pesawat P-1 merupakan pesawat yang dirancang oleh industri Berat Kawasaki Ltd. Industri itu menjalin kemitraan dengan Kementerian Pertahanan Jepang. Demikian, seperti diberitakanXinhua, Rabu (27/3/2013).

Pesawat itu akan menggantikan pesawat P-30 Orion yang dinilai sudah uzur. Pengembangan P-1 sendiri sudah dimulai sejak 2001 silam dan diselesaikan pada Maret 2012.

P-1 merupakan pesawat yang sanggup melaju dengan kecepatan 996 kilometer per jam. Pesawat itu juga dipersenjatai dengan bom seberat 9 ribu kilogram, misil AGM-84 Harpoon, ASM-1C dan AGM-65 Maverick.

Selain memiliki sistem anti-kapal selam, pesawat itu juga dilengkapi radar dan juga sistem elektronik yang canggih. Beberapa perusahaan Jepang yang merancang elektronic pesawat P-1 antara lain adalah Toshiba, NEC, Shinko dan Mitsubishi. 

Pemerintah Jepang menggelar upacara di Prefektur Gifu untuk memulai rencana Pasukan Bela Diri Jepang yang ingin mengakuisisi pesawat berteknologi tinggi. Pada Maret 2014 mendatang, negeri Sakura itu juga berniat meningkatkan intensitas patrolinya di atas wilayah perairan.

Seperti diketahui, Jepang juga terancam serangan dari Korea Utara (Korut) dan oleh karena itulah Negeri Sakura mulai mengintensifkan upaya untuk melindungi kedaulatannya. Kritik-kritik yang dilontarkan Perdana Menteri Shinzo Abe terhadap Korut juga terbukti menghasilkan ancaman baru untuk Jepang.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar