Sabtu, 15 Juni 2013

JET TEMPUR SUKHOI DAN F-16 LINTASI LANGIT JALAN PROTOKOL SUDIRMAN DAN THAMRIN JAKARTA



Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Pesawat-pesawat tempur TNI-AU melintas di kawasan Sudirman dan Thamrin siang ini. Gemuruh suara jet tempur ini membuat banyak pekerja di gedung-gedung tinggi kawasan bisnis ini kaget. 

"Itu pesawat-pesawat untuk flypass di Istana Negara pada 17 Agustus," kata Kadispen TNI, Marsma Azman Yunus, kepada detikcom, Kamis (14/8/2012). 

Azman mengatakan pesawat-pesawat yang akan melakukan flypass itu berjenis Sukhoi. Ada 4 pesawat yang akan melakukan aksi itu 17 Agustus besok. "Ada 4 Pesawat rencananya," sambungnya. 

Penampakan Sukhoi ini terlihat di kawasan Thamrin, Sudirman, Gatot Subroto dan juga Bendungan Hilir. Suara daruan mesih jet dari pesawat-pesawat itu membuat kaget para pekerja di kantor-kantor kawasan itu.

Kekagetan itu dikicaukan beberapa orang yang bekerja di kawasan Jalan Sudirman dan Thamrin melalui Twitter. Misalnya saja @DesyTanjung yang mengatakan, "Baru ada pesawat tempur terbang rendah di atas Thamrin. Gemuruhnya bikin org2 di lantai 27 ini brtebaran kjendela".

Hal senada disampaikan @devitaTS. "Ini dalam rangka apa ya ada 2 pesawat jet tempur terbang rendah banget di atas sarinah. Sumpah serem bgt denger suaranya," kicaunya.

Tak Hanya Sukhoi, Jet F-16 juga Ikut Melintas di Langit Sudirman


Deruan mesih jet tempur Sukhoi membuat para pekerja di gedung pencakar langit di Jalan Sudirman dan Thamrin Jakarta kaget. Ternyata tak hanya jet Sukhoi saja yang beraksi, F-16 juga ikut mengudara di kawasan itu. 

"Pesawat Sukhoi dan F-16 latihan terbang melintas di atas Istana Merdeka pada gladi pertama. Latihan ini untuk persiapan upacara peringatan HUT RI ke-67 yang akan dipimpin Presiden Susilo Bambang Yodhoyono," kata Kepala Pusat Penerangan Umum Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah, Mayor Khusus Gerardus Maliti, dalam rilisnya, Selasa (14/8/2012). 

Gerardus mengatakan komandan Skadron Udara 3 'Dragon F-16' Letkol Pnb Ali Sudibyo memimpin formasi 'Double V' Garuda Elemen 1. Formasi ini terdiri dari lima pesawat F-16, sedangkan Komandan Skadron Udara 11 'Thunder Sukhoi' Letkol Pnb M Untung Suropati memimpin formasi Garuda Elemen 2.

"Garuda Flight merupakan call-sign yang digunakan, terbang melintas dengan ketinggian 1.500 feet dengan kecepatan 420 knots. Sukhoi mengangkasa pukul 09.58 WIB diikuti F-16 pukul 10.00 WIB," terangnya. 

Sementara itu, Komandan Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah, Marsma TNI A Adang Supriyadi mengatakan terbang di atas Istana saat peringatan proklamasi HUT Kemerdekaan RI tahun lalu juga pernah dilakukan. "Ini merupakan merupakan sebentuk kehormatan dan penghargaan pimpinan negara kepada TNI AU," ucap Adang. 

Rencananya gladi kedua digelar Rabu (15/8) besok. Dalam gladi besok turut pula pesawat NAS 332 Super-Puma sebagai kesiapan SAR. Pengerahan pesawat ini sudah merupakan standar operasional. Pesawat ini siap untuk mendukung pergerakan pesawat tempur seandainya terjadi emergency-eject.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar