Rabu, 12 Juni 2013

LATIHAN "CROSDECK" HELIKOPTER ANGKATAN LAUT BRASIL ON BOARD DI KRI DIPONEGORO-365 TNI-AL

Latihan "Crossdeck" Helikopter Brasil di KRI Diponegoro

Jihad-Defence-Indonesia - Lebanon : Helikopter Angkatan Laut Brasil LYNX AH-11A,on board di KRI Diponegoro-365 dalam rangka serial latihan Cross Deck antara dua kapal perang unsur MTF, KRI Diponegoro-365 (Indonesia) dan BRNS Constituicao F-42 (Brasil) di Area of Maritime operation (AMO) Laut Mediterania, Lebanon, Kamis, 6 Juni 2013.

Unjuk kebolehan pilot helikopter kedua negara tersebut ditunjukkan bersamaan dengan terbangnya kedua helikopter secara bersilang, dengan skenario BO-105 NV 409 (Indonesia) terbang dari KRI Diponegoro, melaksanakan pendaratan di BRNS Constituicao. Sebaliknya Super Lynx AH-11A terbang dari BRNS Contituicao dan mendarat di KRI Diponegoro.

Kedua helikopter tersebut melaksanakan kegiatan tiga kali "touch and go" dengan metode recovery yaitu satu kali IMC (Instruments Meteorological Condition) dengan SCA (Ship Control Approach) dan dua kali VMC (Visual Meteorological Condition).
Latihan "Crossdeck" Helikopter Brasil di KRI Diponegoro
Komandan KRI Diponegoro Letkol Laut (P) Hersan, S.H., mengatakan latihan Cross Deck merupakan latihan muat dan angkut personel atau barang dengan sarana helikopter dari kapal satu menuju kapal lain karena suatu keadaan tertentu maupun kondisi darurat.

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pilot dan seluruh tim helideck party dalam melaksanakan peran helikopter dengan baik tanpa ragu-ragu dan untuk meningkatkan kerja sama serta tukar pengalaman di medan tugas," jelas Pamen lulusan AAL 1994 tersebut.

Latihan tersebut terlaksana dalam waktu satu setengah jam dan berjalan dengan aman dan lancar. Setelah pelaksanaan latihan tersebut, kedua komandan saling memberikan apresiasi melalui email. Diharapkan latihan sejenis dapat dilaksanakan secara rutin di masa yang akan datang.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar