Jumat, 01 Maret 2013

KOREA SELATAN BATALKAN PROYEK PESAWAT TEMPUR KFX, INDONESIA DI PERKIRAKAN MERUGI





Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta  : Proyek pembangunan pesawat tempur canggih Indonesia-Korea Selatan, Korean Fighter eXperiment (KFX), sudah dihentikan secara sepihak oleh Korsel. Akibatnya, negara diduga dirugikan sekitar Rp1,6 triliun.

"Kami sudah mendapatkan informasi, dalam beberapa hari belakangan ini, Pemerintah Korea Selatan sudah membatalkan secara sepihak perjanjian pembuatan pesawat tempur KFX," kata Wakil Ketua Komisi Pertahanan DPR Tubagus Hasanuddin, di Jakarta, Jumat (1/3).
Menurut politikus PDI Perjuangan ini, proyek KFX itu tak pernah secara jelas dilaporkan pemerintah ke DPR. Dewan hanya mendapat laporan dari pernyataan Kementerian Pertahanan yang dikutip media massa.
Secara resmi, Pemerintah juga tak pernah mengajukan anggaran untuk Proyek KFX itu ke DPR. Padahal, sudah ada sekitar 30 orang dari PT Dirgantara Indonesia yang ikut mendesain pesawat itu di Korea Selatan.
Karena itu, Komisi I DPR akan segera memanggil Panglima TNI dan Menteri Pertahanan untuk menjelaskan detil masalah terkait proyek KFX tersebut.
"Kerugian ini tanggung jawab Menteri Pertahanan," tandasnya.
Kerja sama Indonesia-Korea Selatan untuk membangun pesawat supercanggih, yang dianggap jauh lebih canggih dari pesawat tempur F-16, sudah bergulir sejak 2001.
Proyek itu dibiayai secara bersama oleh Indonesia dan Korea Selatan, dengan pihak Indonesia diwajibkan menyetor sekitar 20% dari total US$8 miliar yang dibutuhkan. 
Sumber  : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar