Sabtu, 01 Juni 2013

RIBUAN WARGA ENDE NTT ANTUSIAS HADIRI HARI PANCASILA


Jihad-Defence-Indonesia - NTT : Warga Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), antusias menghadiri peringatan Hari Pancasila yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono dan Ketua Majelis Pemusyarawatan Rakyat (MPR-RI) Taufiq Kiemas yang diadakan di Lapangan Pancasila, Sabtu pagi. Wartawan Antara di Ende, melaporkan ribuan warga tampak terus berdatangan ke lapangan itu yang terletak di tepi laut.

Sekalipun masyarakat tidak memegang undangan dan berpakaian seadanya, akan tetapi mereka menghadiri kegiatan itu sekalipun harus menyaksikan dari pinggir lapangan.

Pengamanan ketat dan hanya yang memegang undangan dapat masuk di lapangan, tidak membuat warga mengurungkan niat menyaksikan puncak peringatan Hari Pancasila.

Warga yang datang tak hanya orang tua, akan tetapi juga remaja dan anak-anak.

"Saya ingin sekali menyaksikan peringatan Hari Pancasila karena memang Ende memiliki sejarah atas lahirnya Pancasila," kata Dominingus (56), seorang warga Ende.

Dia mengaku sengaja datang pagi hari agar tidak susah mendapat tempat untuk duduk di tepi lapangan karena ketatnya pengamanan.

Warga tampak tak henti-hentinya terus mengalir menuju Lapangan Pancasila untuk menyaksikan "hiburan" yang belum tentu ada setahun sekali.

"Memang acara ini bisa menjadi hiburan untuk warga sini. Apalagi Wakil Presiden hadir" katanya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 2013 dipusatkan di Lapangan Pancasila, Ende.

Setelah menyampaikan sambutan dan menyatakan peresmian Monuman Bung Karno dan Situs Pengasingan Bung Karno, di Ende, Wakil Presiden Boediono dan rombongan berjalan menuju Taman Rendo yang terletak sekitar 50 meter dari tempat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

Di Taman Rendo, Wapres membuka selubung Monumen Bung Karno yang terletak di bawah Pohon Sukun.

Saat diasingkan di Ende 1934-1938, Soekarno memikirkan nilai-nilai Pancasila di bawah Pohon Sukun.

Usai membuka selubung Monumen Bung Karno, Wakil Presiden Boediono menuju rumah pengasingan Bung Karno selama di Ende.

Rumah pengasingan tersebut juga sudah selesai direnovasi dan Wakil Presiden Boediono berkesempatan membuka selubung papan nama situs Rumah Pengasingan Bung Karno.

Di rumah pengasingan Bung Karno tersebut, Wakil Presiden Boediono dan rombongan meninjau keadaan dalam rumah itu. 

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar