Selasa, 21 Mei 2013

MALAYSIA KHAWATIR DENGAN RUDAL KOREA UTARA



Foto : Uji coba misil Korut (Reuters)

Jihad-Defence-Indonesia - KUALA LUMPUR : Malaysia mengutarakan kekhawatirannya atas uji coba RudalKorea Utara (Korut) yang dilakukan pada akhir pekan lalu. Negeri Jiran menuntut Korut menghormati Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PPB).

"Malaysia terus mendesak seluruh pihak yang berseteru untuk menciptakan atmosfir kondusif guna mendukung dialog dilevel bilateral maupun multilateral. Itu semua ditujukan untuk perdamaian, keamanan, dan stabilitas di Semenanjung Korea dan Asia," demikian pernyataan Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman, seperti dikutipBernama, Selasa (21/5/2013).

Anifah menambahkan, negaranya sangat mendukung langkah Korea Selatan (Korsel) yang ingin memulai dialog damai dengan Korut. Malaysia juga bergabung dengan komunitas internasional yang selalu mengimbau Korut agar menaati hukum internasional.

Seperti diketahui, Korut telah meluncurkan lima proyektil sejak akhir pekan lalu. Korsel menduga, proyektil yang ditembakkan Korut ke Laut Timur adalah peluru artileri jarak pendek.

Negeri Ginseng memandang uji coba rudal tersebut sebagai tindakan yang provokatif dan bisa memicu eskalasi ketegangan. Bersamaan dengan itu, Korut pun berkomentar dan menyebut uji coba senjatanya sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya.

Meski negeri komunis Korea itu terlihat cukup aktif melakukan uji coba senjata, Amerika Serikat (AS) cukup yakin bahwa situasi di Semenanjung Korea berada dalam kondisi yang baik. AS pun membandingkan uji coba rudal jarak pendek itu dengan peristiwa yang terjadi di Korut beberapa bulan lalu (uji coba senjata nuklir). 


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar