Jumat, 29 Juni 2012

Bersamaan dengan OPM, HUT Polri Diundur

OPM Siap Kibarkan Bendera Pada 1 Juli


VIVAnews - Hari Ulang Tahun (HUT) Polri ke-66 jatuh pada Minggu 1 Juli 2012. Pada hari yang sama, Organisasi Papua Merdeka (OPM) juga akan memperingati hari jadinya. Karena bersamaan, Polri legowo peringatan HUT Bhayangkara di wilayah Polda Papua, diundur.

"Kebijakan Pak Kapolri, pelaksanaan peringatan hari Bhayangkara untuk Polda Papua dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2012," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Saud Usman Nasution di Mabes Polri, Jumat 29 Juni 2012.

Polda dan Polres di Papua diwajibkan fokus mengamankan pelaksanaan ulang tahun OPM. "Sehingga kegiatan tersebut tidak terjadi hal-hal yang meresahkan," kata dia.

Dua hal yang akan dilakukan dalam pengamanan ulang tahun OPM. Pertama, mengimbau semua pihak yang terlibat dalam ulang tahun OPM agar tidak melakukan aksi yang bisa memicu kerusuhan. Agar perayaan ulang tahun tidak dilakukan dengan pengibaran bendera Bintang Kejora.

Kedua, penjagaan yang dilakukan oleh Polda dan Polres selama acara tersebut berlangsung di beberapa wilayah strategis dengan menempatkan sejumlah personel. "Jika kedua cara tersebut dilakukan masih terjadi pelanggaran maka akan dilakukan tindakan hukum," tegasnya.

Mabes Polri siap menurunkan personel jika ada permintaan dari Polda Papua. Untuk pengamanan di sana masing-masing Kapolsek dan Kapolda sudah memetakan pengawalan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar