Selasa, 26 Juni 2012

Pesawat Militer Diminta Gunakan Black Box

Pesawat Militer Diminta Gunakan Black Box
Fokker 27


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat militer, Poengky Indarti, mengatakan bahwa pada kebanyakan pesawat militer tidak dilengkapi black box. Alasannya, karena dikhawatirkan benda yang mampu merekam aktivitas di dalam pesawat itu bisa jatuh ke tangan musuh.
 
Namun saat ini, kata dia, ada beberapa negara yang mulai menerapkan penggunaan black box pada pesawat militer. "Industri militer Iran sudah coba membuat black box untuk pesawat mereka," kata Direktur Eksekutif Imparsial tersebut, Senin (25/6).
 
Tapi, kata Poengky, langkah tersebut tidak terlalu mendapat dukungan Federal Aviation Administration (FAA). Lembaga otoritas pesawat terbang itu hanya mewajibkan penggunaan black box pada pesawat sipil. Sementara tidak untuk militer.
 
Kendati demikian, Poengky berharap, dalam melakukan modernisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista), pemerintah harus bisa memberikan kesempatan kepada industri strategis Indonesia untuk berkembang. Dalam hal ini bagaimana pemerintah dapat memajukan PT Digantara Indonesia (DI) untuk mampu bersaing. "Langkah pemerintah mengganti Fokker 27 dengan CN 295 memang sudah tepat," ujarnya.
 
Ke depannya, PT DI dapat mampu bersaing dan menciptakan pesawat yang mampu mendukung kinerja TNI AU. Namun, ketika ditanyai apakah CN 295 akan bernasib sama dengan CN 235 yang berhenti terbang karena kerusakan mesin, Poengky enggan berspekulasi. "Kalau mengalami kejadian serupa, memang harus di-grounded," kata dia.

Sumber : Republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar