Selasa, 26 Juni 2012

Inilah Pesta Rakyat Indonesia di Athena Yunani

Inilah Pesta Rakyat Indonesia di Athena Yunani
Athena


REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --  Lagu-lagu perjuangan diselingi dengan teriakan penyemangat melatarbelakangi pertandingan olah raga yang menjadi bagian dari kegiatan pesta rakyat KBRI Athena untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan ke-67 Republik Indonesia.

Sekitar 400 warga Indonesia yang terdiri atas anggota keluarga KBRI dan warga Indonesia yang tinggal di Athena, Yunani dan kota-kota sekitar mengikuti acara yang diadakan di gedung olah raga Zirinion milik pemerintah daerah Kiffisia.
Sekretaris Satu KBRI Athena, Jani Mediawati Sasanti kepada ANTARA London, Senin mengatakan biasanya masyarakat Indonesia di Athena yang sebagian besar adalah pekerja domestik mengikuti majikan berlibur musim panas ke pulau pada bulan Juli.
Jani Mediawati Sasanti mengatakan untuk itu kegiatan ini diadakan di bulan Juni agar jumlah peserta dapat maksimal dan sebelum memasuki bulan puasa pada pertengahan Juli.
Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Athena, Yunani Abdul Fatah Zainal menyatakan bahwa kegiatan olah raga ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan, memupuk tali silaturahim dan yang terpenting adalah meningkatkan jiwa karsa dalam rantau.
Hal ini sangat penting mengingat keadaan di Yunani yang masih dalam kondisi kurang kondusif membuat sesama orang Indonesia di rantau seharusnya saling membantu.
KUAI Abdul Fatah Zainal menyampaikan pentingnya olah raga bagi kesehatan seperti yang diungkapkan oleh Soneca, seorang filsuf Romawi, yaitu "Mens Sana In Corpore Sano".
Pertandingan bola voli beregu putra dan putri diikuti masing-masing delapan regu dengan menggunakan sistem rally point berlangsung seru. Sebagai pemenang regu putra adalah grup Pamujas. Sedangkan voli putri dimenangkan oleh grup Bintang.
Selain itu, panitia menggelar pertandingan lainnya seperti gaple yang dilakukan secara berpasangan dan pertandingan untuk anak-anak seperti lomba makan kerupuk, kelereng dalam sendok, memasukkan pinsil ke botol dan kipas balon.
Lomba balap karung yang mengutamakan kecepatan, dipertandingkan untuk putra dan putrid, menyusul pertandingan tarik tambang setiap regu terdiri atas enam orang. Pertandingan yang diselenggarakan di hall olah raga berlangsung secara marathon ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang.
Sumber: antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar