Jumat, 22 Juni 2012

Pustral UGM-Kotsa Korsel Kerja Sama Transportasi

Universitas Gajah Mada

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Korea Transport Safety Authority Korea Selatan di bidang transportasi.
"Kerja sama itu merupakan salah satu komitmen Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk berperan dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia khususnya di bidang transportasi," kata peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Danang Parikesit di Yogyakarta, Jumat (22/6/2012).
Menurut dia, Korea Transport Safety Authority (Kotsa) merupakan institusi pemerintah Korea Selatan (Korsel) setingkat kementerian yang berwenang atas pengaturan dan keselamatan transportasi darat di negara tersebut.
"Kotsa telah memberikan berbagai kemudahan fasilitas bagi para peserta pelatihan antara lain dengan menyediakan "dormitory" dan meniadakan biaya pelatihan," katanya.
Ia mengatakan kerja sama antara UGM dan Kotsa di bidang Pengujian Kendaraan dan Keselamatan Transportasi itu akan terbuka lebar.
"Bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara UGM dengan Kotsa di masa mendatang antara lain pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengembangan sumber daya manusia, seminar, lokakarya, dan magang," katanya.
Selain itu, menurut dia, bentuk kerja sama lain yang bisa dilakukan antara UGM dan Kotsa adalah pertukaran tenaga ahli, peneliti, dan teknisi.
Ia mengatakan hal itu termasuk pelaksanaan kegiatan pelatihan baik di Korsel maupun Indonesia, pengembangan dan peningkatan fasilitas pelatihan termasuk pengembangan kurikulum, silabus dan media, serta pertukaran penguji kendaraan dan mahasiswa dalam program magang.
"UGM selama ini telah menyelenggarakan berbagai kegiatan pelatihan di dalam maupun luar negeri bekerja sama dengan berbagai institusi, termasuk Kotsa," kata Danang.

Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar