Minggu, 24 Juni 2012

Suriah Tembak Jatuh Jet Tempur Turki

Sebuah pesawat jet tempur (Foto: AFP)
DAMASKUS - Suriah mengkonfirmasi pihaknya berhasil menembak jatuh sebuah jet tempur milik Turki. Menurut Suriah jet tempur itu dianggap sebagai target yang tidak dikenal dan memasuki wilayah udara Suriah tanpa izin.

"Sebuah target udara yang tidak dikenal telah melanggar batas wilayah udara Suriah dan berasal dari barat. Target itu terbang dalam ketinggian rendah dan kecepatan tinggi di timur Laut Mediterania," ucap juru bicara Militer Suriah, seperti dikutip Kantor Berita SANA, Sabtu (23/6/2012).

Artileri anti-pesawat telah melepaskan tembakan dan mengenai target itu sekira satu kilomter dari daratan. Pesawat itu jatuh sekira 10 kilometer wilayah pesisir Provinsi Latakia.

"Kami dapat konfirmasi pesawat itu milik militer Turki," lanjutnya.

Kini kedua angkatan laut dari Turki dan Suriah bekerja sama untuk melakukan operasi mencari dua pilot pesawat tempur yang hilang. Sebelumnya, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengkonfirmasi bahwa pihak Suriah telah menembak jatuh jet tempur Turki. 

"Turki akan mengumumkan sikap akhir dari laporan ini dan segera mengambil langkah yang diperlukan, setelah insiden tersebut bisa diklarifikasi," tutur Erdogan.
(faj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar