Senin, 25 Juni 2012

Intelijen Vietnam Tangkap Penyelundup Pengungsi Korut

globalsecurity.orgPeta Semenanjung Korea

SEOUL, KOMPAS.com -- Otoritas keamanan Vietnam menahan seorang aktivis Korea Selatan, yang diketahui membantu para pengungsi asal Korea Utara melarikan diri ke negara di kawasan Asia Tenggara itu. Pernyataan itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Korsel, Senin (25/6/2012).
Menurut Kemlu Korsel, pria berusia 51 tahun yang hanya diidentifikasi bernama Yoo itu ditahan aparat intelijen Vietnam di sebuah hotel di Ho Chi Minh sejak Rabu pekan lalu. Informasi itu diperoleh dari pejabat kedutaan besar Korsel di Hanoi.
Yoo disebut-sebut ditahan lantaran aktivitasnya, walau masih belum jelas benar tuduhan apa yang dikenakan kepadanya. Otoritas Vietnam menyatakan masih terus menggelar proses penyelidikan. Pihak kedubes Korsel telah meminta izin untuk mewawancara Yoo.
Puluhan ribu pengungsi Korut diketahui memilih untuk melarikan diri lantaran tekanan kelaparan dan politik di dalam negeri yang serba tertutup dan rahasia itu.
Banyak dari mereka lari ke China namun malah dikembalikan oleh otoritas Negeri Tirai Bambu itu. Pemerintah China yang sekutu terdekat Korut beralasan, mereka yang menyeberang ke wilayahnya adalah para pencari kerja dan bukan pencari suaka atau pengungsi.
Kebijakan China itu menuai banyak kritik tajam dari masyarakat internasional lantaran dinilai membahayakan jiwa para pengungsi Korut. Selain ke China, para pengungsi Korut itu kerap mencoba lari ke negara ketiga di kawasan Asia Tenggara, seperti Laos, Vietnam, dan Thailand, untuk kemudian berharap diterbangkan ke Korsel.

Sumber :AFP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar