Senin, 25 Juni 2012

MARINIR GELAR LATIHNAN PEMANTAPAN REGU PANDU TEMPUR

SURABAYA-(IDB) :Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Amir Faisol S.Sos secara resmi membuka Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur (Lattap Rupanpur) Korps Marinir di lapangan apel Kesatrian Ewa Pangalila Gunungsari, Surabaya, Senin, (25/6).

Dalam amanatnya, Komandan Kolatmar mengatakan Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personil Regu Pandu Tempur yang sudah ada agar mampu melaksanakan tugas pokoknya guna kepentingan batalyon infanteri sebagai mata telinga satuan dalam pertempuran. Selain itu, latihan pemantapan ini juga sebagai pedoman untuk mengasah kemampuan dan naluri tempur personil Regu Pandu Tempur agar mampu bergerak jauh kedepan dalam suatu pertempuran.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu dijajaran Kolatmar itu menyampaikan kepada seluruh pendukung dan pelaku agar terjalin hubungan yang solid, sehingga materi-materi latihan dapat diterima dengan baik oleh pelaku, dengan harapan pelaku Lattap Rupanpur nantinya dapat mengaplikasikan didalam pelaksanaan tugas tempur. Satuan khususnya Korps Marinir, TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Komandan Kolatmar memberikan beberapa penekanan kepada seluruh pelaku Lattap Rupanpur agar selalu melandasi dan membentengi diri dengan keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu juga selalu memelihara dan meningkatkan naluri tempur yang sudah dimiliki serta menanamkan sikap militan sebagai tulang punggung batalyon infanteri.

Yang tidak kalah pentingnya yaitu agar selalu menjaga keamanan baik personil maupun material sehingga Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur Korps Marinir ini dapat berjalan dengan lancar dan benar-benar “Zerro Accident”.

Sementara itu menurut Letkol Marinir Girsang selalu Perwira Pelaksa Latihan mengatakan Lattap Rupanpur Korps Marinir TA 2012 ini diikuti 126 peserta yang berasal dari Brigif-1 Marinir 42 orang, Brigif-2 Marinir 42 orang dan Brigif-3 Marinir 42 orangdan akan dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Purboyo Malang dan berlangsung selama dua minggu.

Adapun materi dari latihan ini, lanjutnya, meliputi menembak yang terdiri dari menembak reaksi, menembak lorong, menembak runduk atau sniper, menembak malam, menembak Mortir 60, menembak NTW, menembak GLM, menembak RPG 7, menembak di atas perhau karet, melempar granat dan pengenalan bahan peledak.

Kemudian materi kelautan yang terdiri dari renang rintis, tekhnik mengemudi motor tempel, eksersisi dan mendayung perahu karet, Long Range Navigation, surob, dayung dan renang tembus gelombang, raid Amfibi dan pendaratan khusus. Untuk materi darat, meliputi serangan, pertahanan, patroli penyelidik dan patroli tempur, selain itu juga dilatihkan tentang serangan hutan, penyeberangan sungai, serangan perkubuan dan infiltrasi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Operasi Pasmar-1 Kolonel Marinir Y.Rudi Sulistyanto, Pasops Brigif-1 Mar Letkol Marinir Suliono, para perwira staf operasi batalyon dan perwira dijajaran Kolatmar.


Sumber : Kormar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar