Senin, 25 Juni 2012

TNI AU GELAR LATIHAN BERSAMA US AIR FORCE

JAKARTA-(IDB) :Latihan bersama antara TNI AU dan US Air Force dengan nama Cope West 2012 dibuka secara resmi oleh Komandan Wing I Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Ardhi Tjahjoko selaku Direktur Latihan didampingi oleh Lt Col Rick Richard sebagai Cope West Detachment Commander di gedung Terminal Selatan Lanud Halim, Senin (25/6/2012).
 
Dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, Kolonel Pnb Ardhi Tjahjoko menjelaskan bahwa latihan bersama ini telah berlangsung sejak tahun 2009.

Latihan ini sangat menguntungkan bagi personel Indonesian Air Force sebab dengan adanya kerjasama yang terjalin akan memudahkan penanggulangan bencana alam yang hingga saat ini telah menjadi kesepakatan bersama negara-negara di dunia untuk saling bekerjasama di dalam menangani bencana.

“Apa yang baik dari mereka, kita ambil, hari ini terbang statik ke arah Gorda Serang. USAF menggunakan tiga Hercules type A, dan type long dari Indonesia Air Force. Sebanyak seratus dua puluh personel yang terlibat, empat puluh dari Indonesian Air Force dan delapan puluh personel dari US Air Force”, kata Perwira Penerbang lulusan AAU tahun 1990 tersebut.

Sementara, Letkol Rick Richard yang berasal dari Yokota Air Force Base, Japan, ini mengatakan, latihan bersama ini membangun persahabatan di antara kedua Angkatan Udara.

Sebab dengan bekerjasama maka akan lebih mempermudah pencapaian sesuatu dalam hal ini adalah penanggulangan bencana.

“I look forward to working side-by-side with our Indonesian counterparts throughout all aspects of our flying mission,” ujar Captain Chris Chrampanis anggota USAF.

Latihan bersama ini akan berlangsung dari tanggal 25 juni 2012 sampai dengan 29 Juni 2012, melibatkan Paskhas TNI AU dan akan dilakukan kegiatan dropping logistic, dropping personel, terbang malam, terbang statik, serta teknik pengepakan yang kuat untuk menjatuhkan logistik, free-fall serta diskusi kelas.


Sumber : Tribunnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar