Selasa, 19 Juni 2012

Pertahanan Deal Dengan Italia


Filipina akan membeli pesawat tempur, radar dari perusahaan Italia (Foto: radartutorial)

MANILA, Filipina --- Pemerintah Filipina akan membeli pesawat militer dan peralatan dari Italia.

Pembelian peralatan militer Italia diumumkan oleh Malacanang setelah Presiden Benigno S. Aquino III bertemu dengan Menteri Pertahanan Italia Giampaolo Di Paola kemarin.

Pertemuan itu berusaha untuk menempa "kerjasama pertahanan yang kuat antara kedua negara," menurut pernyataan pers Palace.

Di antara peralatan yang sedang dipertimbangkan untuk pengadaan adalah "angkat pesawat menengah, pantai menonton radar sistem, multi-peran pesawat tempur, dan jangka panjang pesawat patroli," kata Istana.

Pesawat angkat Menengah adalah helikopter.

Ia menambahkan bahwa perjanjian militer dengan pemasok pertahanan Italia berusaha untuk meningkatkan program modernisasi Angkatan Bersenjata.

Pengumuman ini datang pada tumit dari komitmen dari Presiden AS Barack Obama untuk memperkuat sistem pertahanan Filipina.

Paket bantuan militer AS termasuk pusat radar jaringan dan lain AS ditingkatkan pantai pemotong penjaga.

Tahun lalu, Filipina membeli 18 pesawat pelatih dasar dari sebuah perusahaan Italia terkenal karena merancang dan memproduksi pelatih militer. Sebuah tim akuisisi pertahanan juga berkunjung ke Italia untuk membeli aset angkatan laut.

Presiden Aquino sebelumnya mengatakan pemerintah akan membeli pesawat tempur dari Eropa setelah meninggalkan ide memperoleh buatan AS F-16.

Bergabung Aquino dan di Paola dalam pertemuan Malacanang adalah Menteri Pertahanan Voltaire Gazmin, Sekretaris Luar Negeri Albert del Rosario dan AFP Kepala Staf Jenderal Jessie Dellosa. Duta Besar Italia ke Filipina Luca Fornari, Konselor Diplomatik Departemen Gabrielle Checchia, kepala akuisisi dan logistik Jenderal Gianpaolo Miniscalco dan kepala Kantor Kebijakan Militer Giorgio Lazio juga menghadiri pertemuan tersebut.

( Manila Bulletin )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar