Rabu, 20 Juni 2012

Sejarah Baru, Orang Kaya Asia Tekuk Amerika


 

 VIVAnews - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah miliarder dari kawasan Asia bisa mengalahkan Amerika Utara. Sepanjang 2011, jumlah orang kaya Asia tercatat mencapai lebih dari 3,37 juta orang atau naik 1,6 persen dibandingkan 2010.

Sebaliknya, jumlah orang kaya dari kawasan Amerika Utara justru turun menjadi 3,35 juta orang. 

Hal tersebut diketahui dari laporan "World Wealth Report" dari Capgemini dan RBC Wealth Management yang diperolehVIVAnews, Rabu, 20 Juni 2012. 

"Hasil laporan ini sangat signifikan. Sebab untuk pertama kalinya, jumlah orang kaya di kawasan Asia Pasifik kini lebih banyak dibandingkan kawasan lain," ujar Group Head RBS Wealth Management, George Lewis. 

Laporan tersebut mencatat, jumlah orang kaya dengan aset minimal US$1 juta atau Rp9 miliar mencapai 11 juta orang. Harta kekayaan mereka belum termasuk aset berupa rumah. 

Kendati kalah secara wilayah, Amerika Serikat sebagai negara yang berada di kawasan Amerika bagian utara, masih menjadi negara dengan jumlah orang kaya terbanyak dunia. Saat ini, sebanyak 3,06 juta orang kaya tinggal di Negara Paman Sam tersebut. 

Secara nilai, total kekayaan orang kaya di kawasan Amerika bagian utara juga lebih besar dibandingkan Asia. Tercatat, mereka memiliki kekayaan US$11,4 triliun, lebih tinggi dari Asia yang mencapai US$10,7 miliar. 

Untuk kawasan Asia, RBC memasukkan negara-negara seperti China, Jepang, India, dan lebih dari selusin negara lainnya. 

Meski nilai kekayaan miliarder Asia masih rendah, RBC menilai kini telah muncul fenomena baru seputar orang kaya dunia. Eropa dan AS kini dianggap sebagaiOld Money. Sementara itu, Asia diberi julukan New Money. 

Julukan The New New Money juga diberikan kepada kawasan Amerika Selatan, Afrika, dan negara penghasil orang kaya lainnya. 

RBC mencatat pertumbuhan jumlah orang kaya di kawasan Timur Tengah naik 2,7 persen, sedangkan Afrika 3,9 persen. Pertumbuhan terbesar terjadi pada kawasan Amerika Latin dengan kenaikan jumlah miliarder sebanyak 5,4 persen. Namun, jumlah orang kaya di kawasan ini baru sebanyak 500 ribu orang. (art)

Sumber : http://bisnis.vivanews.com/news/read/327281-sejarah-baru--orang-kaya-asia-tekuk-amerika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar